Penjelasan Pengertian Elastisitas, Tegangan, Regangan, Hukum Hooke dan Modulus Elastisitas (Modulus Young)

Penjelasan Pengertian Elastisitas, Tegangan, Regangan, Hukum Hooke dan Modulus Elastisitas (Modulus Young)
Pada bab ini kita akan mempelajari tentang elastisitas atau kemampuan benda untuk kembali ke bentuknya semula. Ambillah penggaris dari plastik, peganglah ujungnya kemudian ayunkan ke bawah dan lepaskan. Apa yang terjadi? Penggaris akan terayun ke bawah kemudian ke atas dan ke bawah lagi berulang-ulang. Penggaris selalu berusaha ke keadaan semula. Pernahkah kalian meloncat di atas spring bed? Apa yang terjadi?

Bila kalian akan menekan spring bed ke bawah, kalian akan mendapat gaya yang membuat kalian Motivasi Belajar Kata-kata Kunci terpental ke atas. Ada gaya yang seolah menolak kalian. Gejalagejala tadi menunjukan elastisitas. Elastisitas sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan gambar penggaris di atas, penggaris mampu melengkung tanpa patah karena penggaris memiliki elastisitas. Gaya yang kalian keluarkan cukup besar maka penggaris akan patah.

Jembatan dari baja akan melengkung jika terbebani atau terjadi perubahan panjang , dan akan kembali ke bentuk semula jika bebannya tidak ada. Namun jika beban kecil seringkali kita tidak melihat perubahan panjang atau kelengkungan jembatan. Mengapa pada jembatan bisa terjadi kelengkungan? Secara umum mengapa suatu materi bisa meregang? Suatu materi dapat kita anggap tersusun dari pegaspegas. Jika kita menarik pegas maka akan terjadi regangan,jika kita menghilangkan tarikan pegas akan kembali seperti semula. Gaya yang dikerjakan oleh pegas serupa dengan gaya antaratom dalam molekul-molekul zat padat. Atom-atom tersebut dapat bergetar seperti gerakan massa yang terikat pada pegas.

Baca juga: Soal Pembahasan Gerak Lurus dengan Percepatan Konstan

Tegangan dan Regangan

Mari kita tinjau batang penghapus yang terbuat dari karet. Jika batang penghapus tadi kita tarik kedua ujungnya apakah yang terjadi? Batang penghapus akan memanjang. Jika tarikan kita dihentikan maka batang penghapus tadi kembali seperti semula. Benda seperti batang penghapus kita sebut benda elastis. Benda padat yang dipengaruhi oleh gaya dari luar misalnya benda ditarik, digeser, atau ditekan maka bentuk benda akan berubah. Bila bentuk benda kembali seperti semula setelah gaya luarnya dihilangkan maka benda dikatakan elastik.

Sebagian besar benda bersifat elastik sampai batas tertentu. Bagaimana kalau benda diberi gaya melebihi batas elastisnya? Jika diberi gaya yang melebihi batas elastisnya maka benda tidak kembali ke bentuk semula, tetapi akan berubah bentuk secara permanen. Lihatlah Gambar (3.2ab), sebuah batang tegar dipengaruhi oleh gaya tarikan sebesar F ke kanan di ujung kanan dan ke kiri di ujung kiri. Mari kita perhatikan bagian kecil dari batang yang panjangnya L. Bagian kecil batang ini dalam keadaan setimbang karena gaya di bagian kanan sama dengan gaya di bagian kirinya. Gaya-gaya baik di bagian kiri maupun di bagian kanan didistribusikan secara merata pada luasan penampang A. Perbandingan gaya F terhadap luasan penampang A dinamakan tegangan tarik. F tegak lurus kuasa A.
Maka rumus Tegangan = F/A
Gaya-gaya yang bekerja pada batang berusaha membuat bahan meregang. Perubahan panjang per panjang dinamakan regangan. Misalkan karena gaya F maka benda berubah panjangnya sebesar Delta L.
Maka rumus Regangan = Delta L/L
Hasil regangan yang berubah secara linear terhadap tegangan dikenal sebagai hukum Hooke. Pada daerah ini bila gaya dilepas atau tegangan dihentikan maka batang akan kembali seperti semula. Apabila tegangan diperbesar maka antara regangan dan tegangan tidak linear lagi. Jika gaya diperbesar lagi atau tegangan diperbesar maka akan mencapai titik B,titik B adalah batas elastik bahan. Batang ditarik melampaui B maka batang tidak akan kembali ke panjang semula, tetapi berubah bentuk secara permanen. Seandainya gaya diperbesar lagi maka batang akan mencapai titik C, batang akhirnya patah. Titik C dinamakan titik patah. Perbandingan tegangan terhadap regangan pada daerah grafik yang linear adalah konstan, besarnya konstanta dinamakan Modulus Young diberi simbol Y atau sering disebut modulus elastis.

Perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar 3.2 (a.b) Sebuah batang karet ditarik dengan gaya F akan menyebabkan terjadi perubahan panjang. (c) Grafik hubungan antara tegangan dan regangan. Tegangan dan regangan sebanding sampai titik A. Bila tegangan terus diberikan sampai titik B antara tegangan dan regangan tidak linear lagi dan akan patah di titik C.
Gambar 3.2 (a.b) Sebuah batang karet ditarik dengan gaya F akan menyebabkan terjadi perubahan panjang. (c) Grafik hubungan antara tegangan dan regangan. Tegangan dan regangan sebanding sampai titik A. Bila tegangan terus diberikan sampai titik B antara tegangan dan regangan tidak linear lagi dan akan patah di titik C.
Rumus Modulus Elastisitas

Satuan tegangan adalah satuan gaya per satuan luas atau N/m2. Regangan tidak bersatuan. Sedangkan satuan Modulus Young adalah Newton permeter persegi atau N/m2.

Demikian sekilas informasi mengenai Penjelasan Pengertian Elastisitas, Tegangan, Regangan, Hukum Hooke dan Modulus Elastisitas (Modulus Young). Semoga bermanfaat, salam.

0 Response to "Penjelasan Pengertian Elastisitas, Tegangan, Regangan, Hukum Hooke dan Modulus Elastisitas (Modulus Young)"

Silakan masukkan komentar Sobat di bawah ini. Komentar di luar topik dan menanamkan link hidup atau mati tidak akan dimunculkan. Terimakasih. Salam