Ciri Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia - Pelajaran IPA SMP Kelas VIII

Pernahkah kamu memperhatikan makhluk hidup yang ada di sekitarmu? Mungkin kamu memiliki tanaman atau hewan peliharaan di rumah.

Apakah tanaman atau hewan peliharaanmu bertambah besar? Bertambah besarnya suatu makhluk hidup merupakan suatu tanda bahwa makhluk hidup tersebut tumbuh.

Semua fakta dan fenomena di atas merupakan wujud alami pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Ciri Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia - Pelajaran IPA SMP Kelas VIII

Ciri Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia - Pelajaran IPA SMP Kelas VIIIPada hewan dan tumbuhan, pertumbuhan ditandai dengan pertambahan tinggi dan besar. Jadi dapat dikatakan bahwa pertumbuhan merupakan proses bertambahnya ukuran makhluk hidup yang sifatnya irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk semula).

Contohnya sangat jelas, coba perhatikan diri kamu sejak saatv kecil sampai keadaan sekarang ini! Terdapat perubahan bukan?

Pada makhluk hidup yang hanya terdiri dari satu sel, pertumbuhan ditunjukan oleh bertambah besarnya sel tersebut. Pada makhluk hidup yang tersusun oleh banyak sel, pertumbuhan disebabkan oleh bertambahnya jumlah dan ukuran sel-sel penyusun makhluk hidup tersebut.

Penambahan tinggi, besar dan dimeter tumbuhan dan hewan menunjukkan bukti-bukti bahwa mereka mengalami pertumbuhan.

Untuk pembentukan dan pembesaran sel-selnya, makhluk hidup harus mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan. Pada hewan dan manusia, bahan-bahan tersebut diperoleh dengan cara makan. Pada tumbuhan bahan-bahan tersebut diperoleh dengan cara foto sintesis dan pengambilan unsur-unsur hara (mineral dari tanah).
Pada dasarnya, makhluk hidup tidak hanya tumbuh melainkan juga mengalami perkembangan. Jika kamu menanam biji tanaman, biji tersebut akan berkecambah. Selanjutnya bukan pertambahan ukuran keambah saja yang terjadi, namun juga perkembangan kearah bentuk dewasa tanaman tersebut.
Misalnya, biji yang kita tanam adalah biji kacang merah, maka setelah berkecambah, yang terjadi bukan hanya pertambahan ukuran kecambah kacang merah saja. Seiring dengan waktu, kecambah akan tumbuh membesar membentuk akar, daun, cabang dan menghasilkan bunga.

Demikian beberapa uraian singkat mengenai pertumbuhan dan perkembangan. Semoga menambah khazanah ilmu kita semua. Salam.

0 Response to "Ciri Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia - Pelajaran IPA SMP Kelas VIII"

Silakan masukkan komentar Sobat di bawah ini. Komentar di luar topik dan menanamkan link hidup atau mati tidak akan dimunculkan. Terimakasih. Salam