60+ Soal Kingdom Animalia dan Pembahasannya-Latihan UN SBMPTN Terbaru

Soal Kingdom Animalia dan Pembahasannya-Latihan UN SBMPTN Terbaru

Kingdom Animalia merupakan kelompok makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri berikut ini:
  1. Tersusun oleh sel eukariotik
  2. Termasuk organisme multiseluler
  3. Tidak memiliki klorofil (heterotrof)
  4. Sel penyusun tubuh tidak memiliki dinding sel
  5. Mampu bergerak aktif
  6. Bereproduksi secara aseksual
Berdasarkan keberadaan sel tulang belakang, kingdom Animalia dibedakan menjadi dua, yakni:
  • Avertebrata (hewan tidak bertulang belakang)
  • Vertebrata (hewan bertulang belakang).
Adapun beberapa contoh hewan Avertebrata adalah delapan filum Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Echinodermata, dan Arthropoda.

Sedangkan yang termasuk hewan Vertebrata antaralain seperti dikelompokkan menjadi Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mammalia.

Soal Kingdom Animalia dan Pembahasannya-Latihan UN SBMPTN Terbaru

Untuk mempermudah pemahaman Anda semua, berikut ini ada beberapa bank soal kingdom Animalia sebagai ajang berlatih Ujian Tengah Semester, Ujian Kenaikan Kelas, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional beserta pembahasannya:

1. Suatu hewan mempunyai ciri-ciri triploblastik aselomata dalam perkembangan embrionya. Hewan yang cocok dengan ciri tersebut yaitu cacing ...
a. palolo
b. perut
c. hati
d. tambang
e. tanah

Jawaban: A

2. Hewan yang merupakan triploblastik pseudoselomata adalah ...a. Platyhelminthes
b. Nematoda/Nemathelmintes
c. Annelida
d. Mollusca
e. Echinodermata

Jawab : B
Pembahasan :
Nematoda/Nemathelminthes atau cacing gilik merupakan hewan invertebrata triploblastik pseudoselomata. Triploblastik pseudoselomata merupakan hewan yang memiliki rongga tubuh semu atau rongga tubuh yang tidak sepenuhnya dilapisi jaringan dari mesoderm. Selain triploblastik pseudoselomata, ada juga triploblastik aselomata yaitu solid atau tidak memiliki rongga di antara saluran pencernaan dan dinding tubuh (contohnya Platyhelminthes) dantriploblastik selomata yaitu yang memiliki rongga tubuh (selom) sejati dan dilapisi jaringan yang berasal dari mesoderm (contohnya Mollusca/hewan lunak, Arthropoda/kaki berbuku-buku, Echinodermata/hewan duri, dan Vertebrata/bertulang belakang).

3. Hewan yang memiliki bentuk tubuh simetri bilateral, kecuali...
a. Hydra
b. kalajengking
c. udang
d. belalang
e. luwing
Jawab : A

Pembahasan :
Tubuh simetri bilateral adalah simetri tubuh hewan yang memiliki sisi dorsal (atas) dan ventral (bawah), ujung anterior (kepala) dan ujung posterior (ekor), serta sisi kanan dan sisi kiri. Atau singkatnya, simetri bilateral merupakan hewan yang jika dibagi tubuhnya akan didapatkan dua bagian yang sama persis antara kiri dan kanan. Contoh hewannya adalah udang, belalang, luwing, dan kalajengking. Sedangkan Hydra tubuhnya tergolong simetri radial merupakan hewan yang mempunyai bagian tubuh yang tersusun melingkar. Hewan dengan bentuk tubuh simetri radial memiliki bagian tubuh atas dan bawah, atau oral (mulut) dan aboral, tetapi tidak ada kiri dan kanan atau ujung kepala dan ujung belakang.

4. Seorang siswa menemukan suatu organisme yang hidup di laut, melekat di suatu tempat, berwarna jingga, berbentuk seperti vas bunga, dan memiliki lubang-lubang di permukaan tubuhnya. Organisme tersebut termasuk kelompok ...
a. ganggang
b. Porifera
c. Cnidaria
d. Echinodermata
e. Ubur-ubur

Jawab : B
Pembahasan :
Berdasarkan ciri-ciri yang disebutkan di atas sesuai dengan ciri-ciri yang dimiliki oleh porifera. Ciri utama dari porifera yaitu permukaan tubuhnya memiliki pori atau lubang dan biasa dikenal dengan hewan berpori. Sedangkan Cnidaria adalah hewan berongga, contohnya ubur-ubur. Echinodermata merupakan kelompok hewan berkulit duri.

5. Pada Porifera, air yang mengandung bahan makanan masuk melalui ...
a. spongosol
b. ostium
c. oskulum
d. pinakosit
e. mesofil

Jawab : B
Pembahasan:
Ostium adalah pori atau lubang pada permukaan porifera. Spongosol merupakan rongga tubuh. Oskulum merupakan lubang pengeluaran. Pinakosit merupakan sel-sel lapisan tubuh terluar, berbentuk pipih dan berfungsi untuk melindungi tubuh bagian dalam. Sedangkan mesofil bukan merupakan bagian dari tubuh porifera, namun mesofil adalah bagian yang dapat ditemukan pada organ daun tumbuhan.

6. Koanosit (sel berleher) yang terdapat pada lapisan tubuh porifera berfungsi untuk ...
a. bernapas
b. alat indra
c. alat keseimbangan
d. menyengat mangsa
e. mencerna makanan

Jawab : E
Pembahasan:
Koanosit merupakan sel-sel lapisan tubuh paling dalam yang melapisi rongga tubuh porifera. Koanosit (sel berleher) berbentuk agak lonjong, salah satu ujungnya melekat pada mesohil, ujung lainnya berada di spongosol, berflagela, dan dikelilingi oleh serangkaian penjuluran yang dilapisi oleh mukus. Koanosit berfungsi untuk mencerna makanan secara intraseluler.

7. Siklus hidup Aurelia aurita secara berurutan adalah ...
a. zigot – gastrula – planula – skifistoma – blastula – efira – dewasa
b. dewasa – blastula – zigot – gastrula – skifistoma – planula – efira
c. zigot – skifistoma – efira – blastula – planula – gastrula – dewasa
d. zigot – blastula – gastrula – planula – skifistoma – efira – dewasa
e. skifistoma – efira – zigot – blastula – gastrula – planula – dewasa

Jawab : D
Pembahasan:
Reproduksi Cnidaria pada siklus hidup Hydrozoa Aurelia sp. adalah sebagai berikut.
a) Medusa dewasa jantan dan betina diploid (2n) menghasilkan sel gamet (sperma atau sel telur) yang haploid (n)
b) Sel telur (n) dibuahi oleh sperma (n) akan menghasilkan zigot (2n). Fertilisasi terjadi secara eksternal di dalam air.
c) Zigot akan mengalami pembelahan secara mitosis dan tumbuh menjadi blastula, gastrula, kemudian menjadi larva bersilia planula yang berenang bebas beberapa waktu.
d) Planula kemudian menempel pada suatu substrat dan tumbuh menjadi larva polip berukuran kecil yang bertentakel, disebtu skifistoma. Polip skifistoma dapat membentuk tunas-tunas.
e) Pada bulan-bulan tertentu, skifistoma melakukan strobilasi, yaitu melakukan pembelahan secara melintang pada ujung oral untuk menghasilkan setumpuk bakal medusa atau efira.
f) Efira akan terlepas satu persatu. Setelah efira terlepas semua, skifistoma akan hidup sebagai polip kembali. Skifistoma dapat hidup satu hingga beberapa tahun. Efira akan tumbuh menjadi ubur-ubur dewasa.

8. Cacing pipih yang hidup bebas di alam bebas adalah ...
a. Planaria
b. Fasciola hepatica
c. Schistosoma mansoni
d. Taenia solium
e. Chlonorchis sinensis

Jawab : A
Pembahasan:
Cacing Planaria tergolong kedalam kelas Turbellaria (cacing berambut getar). Hampir semua Turbellaria hidup bebas di alam. Sebagain besar hidup di dasar laut, pasir, lumpur, atau di bawah batu karang. Planaria banyak hidup di kolam dan perairan air tawar yang belum terpolusi.Fasciola hepatica tergolong endoparasit dan biasa hidup pada hati hewan ternak seperti sapi dan domba. Chlonorchis mansoni hidup pada hati manusia dan inang perantaranya yaitu ikan air tawar. Cacing Schistosoma mansoni menginfeksi manusia melalui pori-pori kulit telapak kaki dan tangan atau tertelan melalui mulut, kemudian mengikuti peredaran darah, ke paru-paru, ke hati, dan menetap di pembuluh darah dinding usus. Taenia solium merupakan cacing pita yang hidup parasit pada tubuh babi.

9. Perhatikan gambar berikut!


Soal Kingdom Animalia dan Pembahasannya-Latihan UN SBMPTN Terbaru
Yang berfungsi mengedarkan makanan yaitu ditunjukkan oleh nomor…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Jawab : B
Pembahasan:
Dari gambar soal di atas, nomor 1 adalah spikula berfungsi sebagai rangka tubuh. Nomor 2 amoebosit berfungsi dalam mengedarkan makanan dan oksigen ke sel-sel tubuh lainnya, membuang partikel sisa-sisa metabolisme, membuat spikula, dan membentuk sel reproduktif. Nomor 3 adalah ostium (pori) tempat berlalunya air yang mengandung makanan bagi tubuh. Nomor 4 adalah mesoglea (mesohil), terletak diantara lapisan luar dan dalam. Mesoglia ini berupa protein bergelatin yang mengandung bahan tulang dan sel-sel amoeboid yang disebut amoebosit. Yang terakhir yaitu nomor 5 adalah pinakosit atau pinakoderm, merupakan sel-sel lapisan tubuh terluar.

10. Penyakit klonorkiasis pada manusia dapat terjadi bila manusia ...
a. memakan daging sapi setengah matang
b. memakan ikan yang dimasak kurang matang mengandung metaserkaria
c. mengonsumsi sayuran mentah
d. mengonsumsi siput yang mengandung larva mirasidium
e. tidak memakai alas kaki di tempat yang becek

Jawab : B
Pembahasan :
Cukup jelas. Pelajari kembali pembahasan soal nomor 8.

11. Dalam siklus hidupnya cacing hati (Fasciola hepatica) tumbuh dalam tubuh hewan ternak, seperti sapi, kerbau, atau kambing. Fase infektan yang dapat masuk ke tubuh hewan ternak dalam bentuk ...
Soal Kingdom Animalia dan Pembahasannya-Latihan UN SBMPTN Terbaru
a. mirasidium bersilia
b. metaserkaria
c. redia
d. serkaria
e. sporosista
Jawab : B

Pembahasan :
Berikut adalah urutan perkembangan cacing hati.
Telur – mirasidium – sporosista – redia – serkaria – metaserkaria

Penjelasannya adalah:
a) Cacing dewasa parasit di hati hewan ternak, kemudian bereproduksi secara seksual dan menghasilkan telur. Melalui aliran darah, telur berpindah ke empedu dan usus, kemudian keluar bersama feses (tinja).
b) Telur menetas menjadi larva bersilia mirasidium.
c) mirasidium menginfeksi siput air Lymnaea.
d) Di dalam tubuh siput, mirasidium menjadi sporosista. Sporosista berkembang menjadi redia. Redia berkembang menjadi serkaria bersilia kemudian keluar dari tubuh siput dan menempel pada tumbuhan air atau rumput. Serkaria menjadi sista metaserkaria.
e) Bila metaserkaria yang menempel pada rumput termakan hewan ternak, maka akan tumbuh menjadi cacing baru di usus ternak, kemudian melalui aliran darah masuk ke hati hingga menjadi cacing dewasa.
Jadi, fase infektan yang masuk ke tubuh hewan adalah pada fase metaserkaria.

12. Cacing hati dalam daur hidupnya memiliki dua hospes, yaitu hewan herbivora dan siput golongan Limnea. Telur yang keluar bersama feses dari hewan herbivora akan menjadi ...
a. kista yang bersifat inaktif
b. metaserkaria yang memiliki ekor
c. serkaria yang bersifat inaktif
d. mirasidium yang memiliki silia
e. redia yang bersifat inaktif

Jawab : D
Pembahasan:
Cukup jelas. Lihat pembahasan soal nomor 11.
13. Cacing pita termasuk dalam kelompok Cestoda. Cacing ini bersifat endoparasit dalam saluran pencernaan vertebrata. Urutan dari fase-fase yang dialami cacing tersebut setelah dari telur adalah ...
a. onkosfer – sistiserkus – cacing pita dewasa
b. sistiserkus – onkosfer – cacing pita dewasa
c. cacing pita muda – onkosfer – sistiserkus – cacing pita dewasa
d. sistiserkus – onkosfer – cacing pita muda – cacing pita dewasa
e. onkosfer – cacing pita muda – sistiserkus – cacing pita dewasa

Jawab : A
Pembahasan:
Daur hidup cacing pita (Taenia sp.) adalah sebagai berikut.
a) Cacing dewasa hidup di usus manusia dan menghasilkan proglotid yang mengandung telur yang sudah dbuahi.
b) Proglotid terlepas dari cacing induk, keluar bersama feses, bisa menempel pada rumput, kemudian termakan oleh hewan (sapi/babi).
c) Di usus hewan tersebut, telur menetas menjadi larva onkosfer.
d) Onkosfer menembus usus, masuk ke peredaran darah hewan tersebut, kemudian di dalam jaringan otot membentuk sista sistiserkus.
e) Bila manusia memakan daging yang mengandung sista sistiserkus, maka sistiserkus akan berkembang menjadi cacing pita baru dan tumbuh hingga dewasa di usus manusia.

14. Larva cacing tambang (Necator ameericanus) menginfeksi tubuh manusia melalui ...
a. makanan
b. gigitan nyamuk
c. pori-pori telapak kaki
d. meminum air mentah
e. luka yang terbuka

Jawab : C
Pembahasan:
Setelah terjadi perkawinan, cacing betina menghasilkan telur. Telur keluar bersama feses (tinja) penderita. Di tempat yang becek, telur menetas dan menghasilkan larva. Larva masuk ke tubuh manusia melalui pori-pori telapak kaki. Larva mengikuti aliran darah menuju jantung, paru-paru, faring, dan usus halus hingga tumbuh dewasa.

15. Salah satu cacing pipih (Platyhelminthes) yang parasit pada manusia adalah cacing pita (Taenia saginata dan Taenia solium). Cara paling efektif untuk menghindari infeksi cacing tersebut adalah…
a. selalu memakai alas kaki kalau masuk ke wc
b. mencuci tangan sebelum makan
c. tidak menggaruk anus yang gatal
d. menghindari gigitan nyamuk
e. memasak dengan matang daging yang dimakan

Jawab : E
Pembahasan:
Taenia sp. adalah cacing pipih yang berbentuk seperti pita dan hidup pada sapi dan babi. Cacing ini hidup pada otot (daging). Maka, cara yang paling efektif untuk menghindari terinfeksi cacing pita ini yaitu dengan memasak dengan matang daging yang dimakan agar cacing yang terdapat pada daging mati.

16. Cacing yang menyebabkan rasa gatal pada dubur (anus) di malam hari adalah ...
a. Ascaris lumbricoides
b. Wuchereria bancrofti
c. Ancylostoma duodenale
d. Enterobius vermicularis
e. Trichinella spiralis

Jawab : D
Pembahasan:
Enterobius vermicularis atau Oxyuris vermicularis adalah cacing yang hidupnya pada dubur/anus sehingga menyebabkan rasa gatal penderitanya. Cacing ini dikenal di masyarakat yaitu cacing kremi. Biasanya yang paling banyak terinfeksi adalah anak-anak. Cara penularannya tanpa memerlukan perantara (autoinfeksi). Ascaris lumbricoides adalah cacing perut. Wuchereria bancrofti adalah cacing filaria atau cacing rambut yang menyebabkan penyakit kaki gajah.Trichinella spiralis adalah cacing parasit di usus karnivor dan manusia. Cacing Trichinella spiralismenyebabkan penyakit trikinosis.

17. Penyakit kaki gajah disebabkan oleh cacing ...
a. Fasciola hepatica
b. Wuchereria bancrofti
c. Taenia saginata
d. Hirudo medicinalis
e. Ascaris lumbricoides

Jawab : B
Pembahasan:
Cukup jelas. Lihat pembahasan soal nomor 16.

18. Alat ekskresi pada cacing tanah adalah ...
a. Sel api
b. Nefridia
c. Ginjal
d. Klitelium
e. Kelenjar hijau
Jawab : B
Pembahasan:
Nefridia merupakan saluran yang terbungkus peritoneum. Sel api merupakan alat ekskresi yang masih sangat sederhana, berupa saluran bercabang-cabang, misalnya dimiliki oleh kelompok platyhelminthes.

19. Klitelium pada cacing tanah (Lumbricus terestis) berfungsi sebagai alat ...
a. pernapasan
b. ekskresi
c. fotoreseptor
d. gerak
e. reproduksi

Jawab : E
Pembahasan :
Klitelium yaitu ruas-ruas reproduktif yang berdinding tebal. Pada klitelium terdapat banyak sel yang kelenjar yang menghasilkan lendir untuk perkawinan, juga bahan untuk membuat dinding kokon dan albumin untuk melekatkan telur dalam kokon.

20. Lapisan mutiara yang mengilap pada cangkang tiram Margaritifera adalah ...
a. nakreas
b. mantel
c. perismatik
d. epitel
e. periostrakum

Jawab : A
Pembahasan:
Tiram Margaritifera tergolong Mollusca dan dimasukkan kedalam kelas Pelecypoda. Cangkang pelecypoda tersusun dari tiga lapisan, yaitu periostrakum (paling luar), prismatik (lapisan kapur di bagian tengah), dan nakreas (lapisan mutiara). Dibawah cangkang terdapat mantel berbentuk jaringan tipis dan lebar yang menutup seluruh tubuhnya. Diantara epitel mantel dan permukaan cangkang bagian dalam (nakreas) terdapat rongga berisi cairan ekstrapalial. Bila benda asing masuk ke rongga berisi cairan ekstrapalial, benda tersebut akan dilingkupi oleh cairan yang lama-kelamaan mengendap menjadi lapisan-lapisan mutiara.

21. Sekelompok siswa sedang mengamati cumi-cumi, kerang, dan bekicot. Hewan-hewan tersebut mempunyai persamaan yaitu bertubuh lunak sehingga hewan tersebut dimasukkan dalam kelompok…
a. Gastropoda
b. Cephalopoda
c. Bivalvia
d. Annelida
e. Mollusca

Jawab : B
Pembahasan:
Cephalopoda adalah Mollusca yang kakinya berada di kepala. Contoh yang paling tekenal yaitu cumi-cumi dan gurita. Semua cephalopoda hidup di laut. Gastropoda adalah Mollusca yang berjalan dengan perut, contohnya yaitu siput. Bivalvia merupakan Mollusca yang memiliki dua cangkang, contohnya kerang dan kijing.

22. Cephalopoda yang tubuhnya memiliki cangkang luar adalah ...
a. Sepia officinalis
b. Loligo sp.
c. Octopus sp.
d. Nautilus pompilius
e. Sepioteuthis

Jawab : D
Pembahasan:
Cukup jelas.

23. Seorang anak kecil sering menggaruk anusnya karena gatal dan oleh dokter diidentifikasi karena ada infeksi cacing. Cacing yang menginfeksi anak tersebut adalah…
a. Ascaris lumbricoides
b. Taenia saginata
c. Oxyuris vermicularis
d. Wuchereria bancrofti
e. Ancylostoma duodenale

Jawab : D
Pembahasan:
Cukup jelas. Lihat kembali pembahasan soal nomor 16.

24. Kaki capit besar pada Decapoda disebut ...
a. gonopod
b. telson
c. uropod
d. keliped
e. pleopod

Jawab : D
Pembahasan:
Keliped adalah kaki capit. Gonopod merupakan modifikasi dari pleopod, dan terdpat pada udang jantan. Pleopod adalah kaki renang. Telson dan uropod sebagai alat kemudi renang, dan memiliki alat keseimbangan statosista.

25. Laba-laba membuat sarang anyaman sutera yang dihasilkan oleh organ ...
a. pedipalpus
b. spineret
c. kelisera
d. keliped
e. antenula

Jawab : B
Pembahasan:
Laba-laba tergolong kelas Arachnida dan ordo Araneae. Tubuhnya terdiri atas dua bagian yaitu sefalotoraks dan abdomen. Di dalam abdomen terdapat kelenjar sutera yang menghasilkan suatu cairan protein elastik sebagai bahan untuk membuat sarang anyaman sutera. Kelenjar sutera bermuara pada organ di ujung posterior di sebelah ventral anus yang disebut spineret. Spineret berbentuk kerucut, dapat berputar bebas, dan memiliki banyak lubang spigot (lubang pengeluaran cairan protein elastik). Spineret berfungsi untuk memilin cairan protein elastik (cairan sutera) menjadi serat sutera yang padat. Serat sutera ini digunakan untuk membuat sarang anyaman penjerat mangsa. Laba-laba sendiri tidak terperangkap di dalam jaring karena memiliki kelenjar minyak antirekat pada kakinya.

26. Kelompok insecta yang mengalami metamorfosis sempurna adalah ...
a. lalat, kupu-kupu, nyamuk
b. jangkrik, kecoa, capung
c. kupu-kupu, kumbang, belalang
d. nyamuk, ngengat, belalang
e. kutu kepala, kutu buku, kutu busuk

Jawab : A
Pembahasan:
Tidak semua serangga (insecta ) mengalami metamorfosis, contohnya yaitu Lepisma saccharinadisebut ametabola. Metamorfosis serangga dibedakan menjadi dua macam, yaitu metamorfosis tidak sempurna (hemimetabola) dan metamorfosis sempurna (holometabola). Metamorfosis tidak sempurna contohnya yaitu jangkrik, belalang sembah, dan capung jarum. Sedangkan contoh metamorfosis sempurna yaitu pada lalat, kupu-kupu, dan nyamuk.

27. Serangga pada gambar berikut ini termasuk ordo ...
Struktur kupu-kupu
a. Orthoptera
b. Odonata
c. Hymenoptera
d. Lepidoptera
e. Coleoptera

Jawab : D
Pembahasan:
Contoh Orthoptera yaitu jangkrik. Contoh Odonata yaitu capung kuning. Hymenoptera yaitu semut rangrang. Coleoptera yaitu kumbang kelapa.

28. Reproduksi aseksual bintang laut berlangsung dengan cara ...
a. fragmentasi
b. sobekan (dehicence)
c. pertunasan
d. pembelahan fisi
e. strobilasi

Jawab : D
Pembahasan:
Reproduksi aseksual bintang laut yaitu pembelahan fisi, yaitu penyekatan dan pemisahan pisin pusar (piringan kecil di pusat tubuh), kemudian masing-masing bagian tubuh yang terpisah akan melakukan regenerasi menjadi individu yang lengkap.

29. Echinodermata ini termasuk kelas ...
bulu babi (Diadema paucispinum)

a. Asteroidea
b. Ophiuroidea
c. Echinoidea
d. Holothuroidea
e. Crinoidea
Jawab : C
Pembahasan:
Gambar di atas yaitu bulu babi (Diadema paucispinum). Bulu babi tergolong kelas Echinoidea.

30. Berikut adalah ciri-ciri hewan Vertebrata.
1) Tidak memiliki rahang
2) Rangka tersusun atas tulang keras
3) Jantung terdiri atas dua atrium dan satu ventrikel
4) Poikiloterm
5) Fertilisasi secara internal
6) Tubuh berbentuk silindris panjang
7) Kulit berlendir dan tidak bersisik.
Ciri-ciri Agnatha adalah ...
a. 1, 2, 3, 4
b. 1, 4, 6, 7
c. 2, 3, 4, 7
d. 3, 4, 5, 6
e. 4, 5, 6, 7
Jawab : B
Pembahasan:
Cukup jelas.

31. Kedua hewan pada gambar dimasukkan dalam kelompok karnivora karena ...

Hewan dengan memiliki gigi taring yang tajam dan kuat

a. memiliki kemampuan berlari kencang
b. memiliki gigi taring yang tajam dan kuat
c. menyusui anak-anaknya setelah melahirkan
d. tubuhnya tertutup bulu berwarna-warni
e. jantungnya beruang 4 dengan peredaran darah tertutup

Jawab : B
Pembahasan:
Gambar di atas yaitu kucing dan anjing. Keduanya dikelompokkan kedalam karnivora dilihat dari jenis makanannya, karnivora merupakan hewan pemakan daging-dagingan. Oleh karena itu, gigi karnivora bentuknya tajam dan kuat. Selain karnivora (carnivora), kelas mammalia terdiri dari ordo Monotremata (mammalia bertelur), Ornithorhynchidae (platipus, hewan berparuh bebek), Marsupialia (mamalia berkantong), Insectivora (pemakan serangga), Tupaioidea (tupai), Rodentia (hewan pengerat), Edentata (kukang, armadilo), Pholidota (trenggiling), Primata (lemur, wau-wau, gorila).

32. Berikut adalah ciri-ciri Vertebarata.
1) Terdapat diafragma antara rongga
2) Memiliki kloaka
3) Jantung terdiri atas empat ruangan
4) Memiliki vesika urinaria (kandung kemih)
5) Peredaran darah tunggal
Yang merupakan ciri-ciri Mammalia yaitu ...
a. 1, 2, 3
b. 2, 3, 4
c. 1, 3, 4
d. 1, 3, 5
e. 3, 4, 5

Jawab : C
Pembahasan:
Ciri-ciri mamalia yaitu bagian tubuh terdiri dari kepala, leher, badan, ekor; penutup tubuh berupa rambut; suhu tubuhnya homoioterm; alat gerak kaki dan tangan; peredaran darah tertutup, ganda; jantung empat ruangan, terdiri dari dua atrium dan dua ventrikel; memiliki anus; reproduksi secara vivivar, ovipar (pada monotremata).

33. Unta, kerbau, kambing, dan jerapah dikelompokkan dalam ordo yang sama karena ...
a. merupakan pemakan tumbuhan
b. berkuku ganjil
c. berkuku genap
d. menyusui
e. memiliki diasterma

Jawab : A
Pembahasan:
Hewan pemakan tumbuhan dikelompokkan kedalam herbivora.

34. Hewan-hewan di bawah ini dapat dikelompokkan ke dalam kelompok yang sama.
Hewan dengan peredaran darah tertutup.

Persamaan ciri yang dimiliki hewan tersebut adalah ...
a. termasuk hewan herbivora
b. memiliki sistem peredaran darah tertutup
c. tubuh ditutupi kulit yang mengandung zat tanduk
d. memiliki kelenjar susu
e. berkembang biak dengan cara bertelur

Jawab : B
Pembahasan:
Katak, rusa, dan buaya memiliki peredaran darah tertutup.

35. Primata memiliki ciri utama yaitu ...
a. rongga mata besar dan menghadap ke depan
b. tubuh ditutupi oleh rambut
c. memiliki celah gigi (diastema)
d. omnivor
e. kaki berjari lima

36. Penyakit Filariasis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh....
a. Fasciola hepatica
b. Wucheria bancrofti
c. Taenia saginata
d. Trichinella spiralis
e. Taenia solium

Jawaban: B

37 Berikut ini ciri dari invertebrata
1) Tubuhnya berbentuk simetris bilateral
2) Diplobastik
3) Mempunyai rangka
4) Pencernaan intraseluler
5) Mempunyai sistem saraf berupa sistem saraf diffuse
6) Reproduksi aseksual melalui budding
Berdasarkan uraian di atas, ciri – ciri filum porifera yaitu nomor....
a. 3,4,5
b. 1,2,3
c. 4,5,6
d. 2,3,4
e. 1,3,5

Jawaban: D

38. Aurelia atau Ubur – ubur adalah binatang laut yang termasuk dalam golongan....
a. Protozoa
b. Echinodermata
c. Porifera
d. Mollusca
e. Coelenterata

Jawaban: E

39. Cacing Palolo yang bisa dimakan dan termasuk dalam kelas....
a. Cestoda
b. Polychaeta
c. Oligochaeta
d. Treamatoda
e. Turbellaria

Jawaban: B

40. Spongia yang dimanfaatkan sebagai bahan spons mandi masuk dalam kelas....
a. Calcispongiae
b. Hexactinellida
c. Demospongiae
d. Hylospongiae
e. Calcarea

Jawaban: C

41. Larva cacing yang biasanya hidup pada tubuh sapi yaitu...
a. Taenia saginata
b. Planaria
c. Ascaris lumbricoides
d. Fasciola hepatica
e. Taenia solium

Jawaban: A

42. Salah satu contoh porifera yang rangkanya tersusun dari silika yaitu....
a. Euplectella
b. Sycon
c. Spongia
d. Leucosolenia
e. Hipospongia

Jawaban: A

43. Fungsi amoebosit pada porifera yaitu untuk....
a. Menangkap makanan dari spongosol
b. Pelindung
c. Mengedarkan sari makanan
d. Saluran air
e. Penopang tubuh

Jawaban: C

44. Kelas Calcarea memiliki spikula berupa....
a. Spons dengan spikula
b. SiO
c. Spons tanpa spikula
d. Serabut spongin
e. CaCO3

Jawaban: E

45. Klasifikasi porifera, antara lain Demospongiae, Hexactinellida, dan Calcarea adalah berdasarkan....
a. Bahan penyusun rangka
b. Tipe saluran air
c. Jenis mangsa
d. Jenis habitat
e. Cara reproduksi

Jawaban: A

46. Knidoblast pada Coelenterata ada pada bagian....
a. Gastrovakuler
b. Epidermis
c. Gastrodermis
d. Endodermis
e. Mesoglea

Jawaban: B

47. Coelenterata mempunyai ciri – ciri di bawah ini, kecuali....
a. Hidup secara autotrof
b. Eumetazoa
c. Berbentuk polip dan medusa
d. Diplobastik
e. Memiliki gastrosol

Jawaban: A

48. Perhatikan fase dari obelia.
1.) Medusa
2.) Polip
3.) Planula
4.) Zigot
Urutan daur hidup dari Obelia yaitu....
a. 3,4,2,1
b. 1,2,3,4
c. 2,1,4,3
d. 1,3,4,2
e. 2,4,3,1

Jawaban: C

49. Coelenterata melumpuhkan musuhnya dengan menggunakan sel penyengat yang ada pada....
a. Mulut
b. Gastrosol
c. Mesoglea
d. Tentakel
e. Kerangka

Jawaban: D

50. Anak yang mengalami infeksi Ascaris lumbricoides (cacing perut) karena penularan cacing ini yaitu melalui....
a. Terinfeksi melalui gigitan nyamuk
b. Menembus pori – pori
c. Daging yang tidak dimasak dengan baik
d. Telur yang terbawa dari makanan atau minuman
e. Terbawa infeksi ibunya sejak lahir

Jawaban: D

51. Berikut ini merupakan ciri-ciri Animalia, yang membedakannya dengan kelompok Plantae adalah ...
a. bergerak pasif
b. multiseluler
c. heterotrof
d. eukariotik
e. autotrof

Jawaban: C

52. Pada daur hidup Aurelia aurita, stadium yang mampu berenang bebas dengan memakai silia dan belum mempunyai tentakel dinamakan….
a. efira
b. medusa
c. skifistoma
d. strobila
e. planula

Jawaban: E

53. Di bawah ini adalah fase dari daur Fasciola hepatica
1) mirasidium
2) telur
3) sporokist
4) redia
5) cacing dewasa
6) metaserkaria
7) serkaria
Berdasarkan data di atas, urutan fase-fase cacing yaitu …
a. 2–3–4–5–7–6–5
b. 2–1–3–7–6–4–5
c. 2–1–3–4–7–6–5
d. 2–1–4–7–6–3–5
e. 2–1–4–3–7–6–5

Jawaban: C

54. Manusia yang senang makan daging sapi yang dimasak dengan tidak sempurna bisa terinfeksi cacing pita. Hal tersebut bisa terjadi karena daging tersebut mengandung….
a. onkosfer
b. Skoleks
c. Proglotid
d. sistiserkus
e. Telur

Jawaban: D

55. Cacing Nemathelminthes yang dapat hidup di dalam usus halus manusia bisa menyebabkan penyakit anemia yaitu…
a. Oxyuris vermicularis
b. Ascaris lumbricoides
c. Fasciola hepatica
d. Taenia saginata
e. Ancylostoma duodenale

Jawaban: E

56. Hospes perantara yang bisa menularkan penyakit kaki gajah yaitu….
a. Aedes
b. Glosina
c. Culex
d. Cimex
e. Anopheles

Jawaban: C

57. Siswa melakukan pengamatan hewan simetris bilateral, bersegmen-segmen, tidak hidup di perairan, mempunyai rangka, kedua ujungnya mempunyai sucker (penghisap) untuk menempel waktu menghisap darah. Hewan dengan ciri tersebut digolongkan dalam filum….
a. Coelenterata
b. Mollusca
c. Platyhelminthes
d. Arthropoda
e. Annelida

Jawaban: E

58. Berikut ini kelompok cacing yang bermanfaat dalam bidang pertanian yaitu….
a. Oligochaeta
b. Trematoda
c. Polychaeta
d. Turbellaria
e. Hirudinae

Jawaban: A

59. Siput dan cumi-cumi masu ke dalam hewan lunak (Mollusca), Akan tetapi digolongkan pada kelas yang berbeda. Dasar penggolongannya yaitu pada ….
a. tempat hidup
b. alat gerak
c. jenis makanan
d. alat reproduksi
e. alat pernapasan

Jawaban: B

60. Agus menemukan hewan di Pantai dan mengamati hewan tersebut dengan ciri-ciri:
1) tubuh berruas
2) kaki terdapat 5 pasang
3) kaki bagian depan berupa capit
4) hidup di perairan
Hewan tersebut digolongkan dalam kelas….
a. Insecta
b. Myriapoda
c. Crustaceae
d. Diplopoda
e. Arachnida

Jawaban: C

61. Serangga bersayap dua, menjadi vector demam berdarah, tipe mulut penghisap, dan mengalami metamorphosis sempurna, digolongkan pada ordo….
a. Hemiptera
b. Siphonoptera
c. Coleoptera
d. Diptera
e. Neuroptera

Jawaban: D

62. Di bawah ini enis serangga yang berdampak negatif manusia sebagai vector dan hama penyakit, kecuali….
a. Apis indica
b. Leptocorisa acuta
c. Anopheles
d. Culex
e. Aedes aegepty

Jawaban: A

63. Perhatikan ciri-ciri hewan sebagai berikut.
1) kepala dan dada menjadi satu
2) mempunyai perut/abdomen
3) jumlah kaki yaitu empat pasang
Berdasarkan ciri tersebut, maka hewan ini termasuk ...
a. insekta
b. myriapoda
c. crustaceae
d. decapoda
e. arachnida

Jawaban: E

64. Perbedaan utama antara kelabang (chilopoda) dengan kaki seribu (diplopoda) yaitu….
a. simetris tubuh
b. jumlah kaki tiap segmen
c. kepala mempunyai antena
d. toraks tidak tampak
e. tubuh beruas-ruas

Jawaban: B

65. Hewan vertebrata dikenal karena semuanya….
a. tinggal di darat
b. berdarah panas
c. bernapas menggunakan paru-paru
d. menyusui anaknya
e. mempunyai tulang belakang

Jawaban: E

66. Deskripsi di bawah ini yang kurang tepat pada vertebrata yaitu
a. sisik teringgiling merupakan sisik epidermal
b. tanduk badak berasal dari epidermis
c. sisik ikan yaitu sisik epidermal
d. sisik ular yaitu sisik epidermal
e. tanduk sapi bersumber dari epidermis

Jawaban: E

67. Ciri-ciri dari kelas Osteichthyes yaitu….
a. hidup di darat
b. bertulang sejati (keras)
c. gigi-gigi bisa berganti secara teratur
d. bertulang rawan (lunak)
e. sel telur beramnion

Jawaban: B

68. Berikut ini merupakan ciri-ciri organisme vertebrta.
1) Fertilisasi internal
2) Alat gerak berupa sayap
3) Jantung beruang empat
4) Mempunyai sepasang ovarium
5) Tubuh ditutupi bulu
6) Bertelur
Berdasarkan ciri di atas, yang hanya dimiliki oleh Aves yaitu nomor….
a. 1 dan 2
b. 3 dan 5
c. 2 dan 3
d. 4 dan 6
e. 2 dan 5

Jawaban: E

69. Manis javanica (Tringgiling) merupakan hewan yang dilindungi. Hewan tersebut masuk dalam kelompok….
a. Mammalia karena menyusui anaknya
b. Reptilia, karena bersisik
c. Carnivora karena pemakan hewan lain
d. Rodentia karena bersusunan gigi pengerat
e. Herbivora karena pemakan tumbuhan

Jawaban: A

70. Anjing dan Kucing termasuk kelompok karnivora karena….
a. Jantungnya beruang 4 dengan peredaran tertutup
b. Mempunyai kemampuan berlari kencang
c. Menyusui anak-anaknya setelah melahirkan
d. Mempunyai gigi taring yang tajam dan kuat
e. Tubuhnya tertutup bulu warna-warni

Jawaban: D

71. Dalam ekosistem, manfaat coelentarata adalah ….
a. menunjukan tempat minyak bumi
b. sebagai bahan makanan
c. melindungi pantai dari erosi
d. sebagai bahan penggosok
e. sebagai bahan isolator dinamit

Jawaban: C

72. Cacing Plathyhelmintes adalah cacing pipih, karena cacing ini bentuknya pipih seperti pita dan belum memiliki rongga tubuh. Berikut ini yang bukan merupakan contoh dari kelas cacing pipih yaitu….
a. planaria
b. schytosoma japonicum
c. fasciola hepatica
d. ascaris lumbricoides
e. taena solium

Jawaban: D

73. Salah satu Plathyhelmintes (cacing pipih) yang parasit pada tubuh manusia yaitu cacing pita. Cara yang efektif untuk menghindari cacing tersebut yaitu ….
a. menghindari gigitan nyamuk.
b. memasak daging yang dimakan dengan matang
c. tidak menggaruk anus yang gatal
d. selalu memakai alas kaki kalau ke WC
e. mencuci tangan sebelum makan

Jawaban: B

74. Jenis hewan yang hidup di laut, tertangkap dengan jaring plankton, mempunyai 4 tentakel, dan berbentuk radial simetris. Hewan tersebut adalah hewan yang tergolong ….
a. Mollusca
b. Enchinodermata
c. Coelenterata
d. Arthoropoda
e. Crustaceae

Jawaban: A

43. Suatu hewan yang hidup di air tawar, bersegmen-segmen, tidak mempunyai rangka, dan berbetuk bilateral simetris. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, hewan ini dapat digolongkan kedalam filum ….
a. Annelida
b. Platyhelminthes
c. Arthropoda
d. Coelenterata
e. Mollusca

Jawaban: C

75. Mutiara yang ada dalam tiram bersumber dari ….
a. masuknya benda asing diantara mantel dan cangkang
b. masuknya cairan mutiara dalam tubuh
c. cangkang yang lama berubah menjadi mutiara
d. makanan yang mengandung kalsium fosfat
e. secara bertahap hewan ini membuat mutiara

Jawaban: A

76. Salah satu kelas dari filum arthropoda yaitu heksapoda. Disebut demikian karena memiliki kaki berjumlah 6, contohnya yaitu ….
a. kepiting
b. kalajengking
c. keluwing
d. lalat rumah
e. laba-laba

Jawaban: D

77. Ciri-ciri insekta atau serangga yaitu sebagai berikut, Kecuali. . .
a. Pernapasan melalui trakea
b. Tubuh terdiri atas kepala, dada, perut
c. Sepasang mata faset
d. Tiga pasang kaki
e. Kerangka luar yang terdiri dari protein

Jawaban: E

Demikian beberapa bank soal biologi bab Kingdom Animalia komplit dengan pembahasannya sebagai ajang berlatih Ujian Tengah Semester, Ujian Kenaikan Kelas, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Semoga bermanfaat.

Apabila ada kesalahan dalam pembahasan kami, silakan berikan masukan njeh. Salam.

3 Responses to "60+ Soal Kingdom Animalia dan Pembahasannya-Latihan UN SBMPTN Terbaru"

  1. kakak, punya kumpulan soal lengkap animalia biologi nggak? aku mohon kakak buat belajar UTBK pliss kakak

    ReplyDelete

Silakan masukkan komentar Sobat di bawah ini. Komentar di luar topik dan menanamkan link hidup atau mati tidak akan dimunculkan. Terimakasih. Salam