Cara Mencari Besarnya Arus dan Tegangan pada Hukum Kirchoff 1 dan 2

Cara Mencari Besarnya Arus dan Tegangan pada Hukum Kirchoff 1 dan 2 - Sahabat Fii Fusi. Jika kalian saat ini berada di kela XI SMK atau kelas X SMA semerter 2, pada pelajaran Fisika akan mendapatkan materi tentang Hukum Kirchoff 1 dan 2.

Biasanya, dalam beberapa model soal hukum Kirchof 1 dan 2, akan ditanyakan berapakah besarnya Arus dan beda potensial yang mengalir di antara titik satu ke titik lainnya.

Lalu bagaimanakah cara mengerjakan tiper soal seperti itu? Berikut langkah-lahkahnya beserta beberapa video yang nantinya bisa Sobat gunakan sebagai model pengerjaan secara langsung.

Artikel lanjutan: Komposisi dan Struktur Kimia Penyusun Minyak Bumi

Cara Mencari Besarnya Arus dan Tegangan pada Hukum Kirchoff 1 dan 2

Dalam proses mengerjakan persamaan hukum kirchoff 1 dan 2, ada beberapa hal penting yang sebenarnya harus sobat perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ingat bunyi hukum Kirchoff 1 dan 2. Penjumlahan beda potensial dan perkalian antara arus dan hambatan harus sama dengan nol
  2. Buatlah arah loop terlebih dahulu, baik searah atau berlawanan arah jarum jam, atau kedua arahnya sama (pilih cara yang menurut Sobat paling mudah difahami). Tuliskan menggunakan warna tinta bolpoin berbeda dan beri nama Loop 1 dan Loop 2.
  3. Tentukan arah arus menyesuaikan arah Loop 1 dan Loop 2
  4. Untuk lebih mempermudah, susunlah rangkaian tersebut menjadi lebih ringkas. Misalkan ada sua resistor seri, jadikan satu resistor saja.
  5. Tulikan persamaan di setiap Loop secara teliti. Ingat peraturannya: Jika ketemu simbol beda potensial positif, maka nilai V positif dan sebaliknya. Jika ketemu arah arur berlawanan dengan nilai positif V, maka nilai I negatif, menyesuaikan dengan nilai V.
  6. Hitunglah persamaan-persamaan yang sudah diketahui tadi dan kerjakan dengan metode Eliminasi.
NB: Sombol beda potensial (yang panjang) menandakan nilai positif, yang pendek negatif

Untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa video di bawah ini (contoh pengerjaan dengan metode berbeda):

Video pengerjaan soal Mencari Besarnya Arus dan Tegangan pada Hukum Kirchoff 1 dan 2

Video pengerjaan soal Mencari Besarnya Arus dan Tegangan pada Hukum Kirchoff 1 dan 2


Demikian sekilas informasi mengenai Cara Mencari Besarnya Arus dan Tegangan pada Hukum Kirchoff 1 dan 2. Untuk lebih memahami materi terebut, tentunya lebih banyak latihan soal dan mengerjakan secara teliti menjadi kuncinya. So, semoga sukses.

0 Response to "Cara Mencari Besarnya Arus dan Tegangan pada Hukum Kirchoff 1 dan 2"

Silakan masukkan komentar Sobat di bawah ini. Komentar di luar topik dan menanamkan link hidup atau mati tidak akan dimunculkan. Terimakasih. Salam